Jumat, 31 Oktober 2014

Definisi Bisnis Informatika



Definisi Bisnis
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

        Pengertian tik atau informatika itu sendiri adalah sebuah disiplin transformasi berupa data maupun informasi pada mesin yang berbasis komputer. Disiplin ilmu ini juga mempunyai beberapa bidang seperti ilmu komputer , ilmu informasi , sistem informasi dan lain sebagainya.
Dari penjelasan tentang bisnis dan informatika secara singkat , dapat ditarik suatu pengertian dari bisnis informatika itu adalah suatu kegiatan yang dapat dilakukan secara individu maupun kelompok yang memiliki nilai ( value ) yang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari hasil kegiatan bisnis yang dilaksanakan dengan bantuan teknologi informasi. Dan contoh yang paling mudah di dapatkan adalah internet.
        Dalam perkembangan bisnis informatika yang terjadi baik di Indonesia maupun  diluat Indonesia perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual- beli online ( e-commerce ), konsultan IT, Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi.

Jenis Bisnis Informatika
Ø  E-commerce (Jual Beli Online)
e-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan media internet sebagai media komunikasi yang paling utama. Tipe-tipe model bisnis e-commerce antara lain: 
  • Penjualan online (secara langsung tanpa melalui perantara)
  • Sistem tender elektronik (suatu model dimana seorang pembeli meminta kadidat penjual untuk   menawarkan harga, pemenagnya adalah seorang penjual yang menawarkan harga yang paling rendah).
  • Lelang dengan harga beli “name your own price” (suatu model dimana pembeli menentukan harga yang mampu ia bayar, dan mengundang penjual yang mau menjual barang dengan harga tersebut)
  • Affiliate marketing ( suatu perjanjian dimana rekanan pemasaran ( perusahaan, organisasi, perorangan) mengacu konsumen ke situs web penjual )
  • Viral marketing (pemasaran dari “mulut ke mulut” dimana konsumen menganjurkan suatu produk atau jasa perusahaan kepada teman- temannya atau orang lain) 
  • Group purchasing (pembelian dalam skala besar yang memungkinkan sekelompok pembeli mendapatkan potongan harga)
  • Lelang online
  • Personalisasi (kustomisasi) produk atau jasa; menciptakan produk atau jasa sesuai dengan spesifikasi yang diminta pembeli
  • Pasar elektronik (e-market) dan exchange 
  • Integrator rantai pertambahan nilai (value chain)
  • Penyedia layanan rantai pertambahan nilai
  • Broker informasi 
  • Pertukaran barang (barter)
  • Keanggotaan
  • Fasilitator rantai pasokan (supply chain)
Ø  Konsultan IT
 merupakan orang-orang yang menyarankan kepada client Teknologi Informasi apa yang harus digunakan untuk memenuhi sasaran bisnis, menyelesaikan suatu masalah dalam bisnis, memperbaiki struktur dan efisiensi dan sistem IT organisasi. Seorang konsultan IT mempunyai beberapa tugas khusus, yaitu: 
  1. Bertemu dengan client untuk menentukan keperluan bisnis
  2. Bekerja dengan client untuk menetapkan jangkauan dari suatu proyek 
  3. Merencanakan timescale dan kebutuhan sumber daya 
  4. Menjelaskan spesifikasi sistem client, memahami kebiasaan kerja mereka (client) dan sifat dasar dari bisnisnya 
  5. Bepergian ke tempat customer 
  6. Berhubungan dengan staff pada semua tingkat dari organisasi client 
  7. Menetapkan software, hardware dan kebutuhan jaringan 
  8. Menganalisa kebutuhan IT dalam perusahaan dan memberikan nasehat yang independen dan objektif dalam penggunaan IT 
  9. Mendevelop solusi yang cocok dan mengimplementasikan sistem baru 
  10. Memberikan solusi dalam laporan tertulis ataupun lisan 
  11. Membantu client pada aktivitas perubahan manajemen 
  12. Membeli sistem jika cocok 
  13. Merancang, menguji, memasang dan memonitoring sistem baru 
  14. Menyiapkan dokumentasi dan memberikan laporan proses pada customer 
  15. Mengatur pelatihan untuk user dan konsultan lain 
  16. Mengenali potential client dan membangun dan memelihara hubungan 
Ø  Software House
adalah seseorang atau sekelompok orang atau sebuah perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, account based dan support online system. 


Sumber  :


http://www.scribd.com/doc/47431546/PENGERTIAN-TEKNOLOGI-INFORMASI-DAN-KOMUNIKASI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar